Kamis, 03 Mei 2012

Akhir Dari Perburuan Awal Dari Perjuangan

Alhamdulillah semua bibit umbi porang yang saya buru 2 bulan terakhir ini telah tertanam. berbekal beberapa tulisan yang saya caplok dari SINI ( saya sangat berterima kasih kepada penulisnya ), dan kerja keras untuk meyakinkan para petani bahwa tanaman ini berharga dan banyak dicari, saya berhasil mengajak beberapa orang petani dari 3 kecamatan berbeda ( walaupun mereka tidak bekerja dengan sukarela ) di daerah saya ( Tasikmalaya ).

Namun ada perasaan galau dalam hati ini, mengingat tidak adanya jaminan pasti bahwa hasil produksi kami akan dibeli, saya hanya mengandalkan ucapan seseorang yang cukup meyakinkan bahwa ia berjanji akan membeli hasil produksi kami.

Saya juga berharap ada seseorang, siapapun itu yang membaca tulisan saya ini, dan membuka pintu kerja sama jangka panjang untuk menerima hasil produksi kami yang Insya Allah akan terus meningkat tiap tahunnya, mengingat di Tasikmalaya baru kali ini tanaman porang dibudidayakan, bukan bermaksud menyombongkan diri, sayalah pelopornya ( untuk daerah Tasikmalaya ). jikapun ada yang menjual porang dari daerah saya sebelumnya, itu hanya hasil buruan bukan hasil dari budidaya.

Total bibit umbi porang yang telah saya tanam sekitar 1,2 ton di lahan seluas kurang lebih 2 hektare. saya mencari bibit porang dengan cara berburu dari hutan dan pinggiran sungai, dengan berbagai ukuran mulai dari yang paling kecil sekitar 50gr sampai yang paling besar lebih dari 6kg, saya bagi menjadi 3 kategori ukuran ;


  1. Bibit umbi porang ukuran 100gr sampai terkecil.
  2. Bibit umbi porang ukuran 100gr - 250 gr.
  3. Bibit umbi porang ukuran 250gr sampai terbesar.
Selain itu saya juga mendapat lebih dari 20 tangkai bunga porang, yang kelak akan saya semaikan untuk dijadikan benih.



 ini gambar rekan seperjuangan saya sedang memilah bibit umbi porang



 Ini gambar saya sendiri yang menyortir bibit umbi porangnya



Itu gambar saya memegang tangkai bunga porang

Akhir kata saya berharap ada seseorang yang membaca tulisan saya ini dan terketuk hatinya untuk mengajak bekerja sama dengan kami para petani amatir dari Tasikmalaya semoga....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar